Senin, 08 Mei 2017

Praktik Cetak Tinggi dan Membatik menggunakan Alat dan Bahan Sederhana



Praktik Cetak Tinggi
Banyak teknik yang bisa digunakan dalam percetakan, tetapi pada pertemuan kali ini penulis menggunakan teknik cetak tinggi dan membatik. Cetak tinggi dan membatik bisa diterapkan dalam pembelajaran ke anak usia dini dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana yang ada disekitar lingkungan anak. cetak tinggi menggunakan bahan seperti wortel, kentang, ubi, potongan pelepah daun pisang dan yang lainnya. Untuk membatik menggunakan lilin, dimana fungsi lilin yaitu untuk menutupi kain agar tidak kena warna. Biasanya dalam membatik menggunakan peralatan khusus, seperti kain putih (kain yang meresap warna), lilin (sebagai bahan perintang) bahan pembangkit warna, bahan pelarut napthol, bahan pelarut garam dan canting.  Dalam pertemuan ini penulis mempraktikkan teknik cetak tinggi menggunakan wortel, kentang, pelepah pisang dan pewarna makanan. Untuk membatik menggunakan lilin dan warna makanan serta kuas.
Praktiknya sebagai berikut :
A.    Cetak Tinggi
1.      Alat dan Bahan
-          Pelepah daun pisang, wortel, kentang dan singkong
-          Buku gambar atau kertas hvs
-          Pisau
-          Koran
-          Tempat warna makanan
2.      Cara Membuatnya
-          Potong pelepah daun pisang secara merata boleh datar maupun mereng dalam pertemuan ini penulis memotongnya secara datar.
-          Potong wortel/kentang/singkong secara merata kemudian bentuk sesuai keinginan diri sendiri boleh bunga, segitiga maupun yang lainnya.
-          Coba potongan-potongan tadi dicelupkan di warna makanan kemudian di tempelkan pada kertas yang belum dipakai sebagai percobaan.
-          Jika hasil gambarnya sesuai dengan keinginan maka lanjutkan ke kertas yang dipakai.
Contoh gambar cetak tinggi yaitu sebagai berikut 
Alat dan Bahan

 Membentuk Wortel
Membentuk Wortel
 Cetak Tinggi menggunakan Wortel
Cetak Tinggi menggunakan Wortel



Hasil Akhir


Kombinasi Pelepah Daun Pisang dan Wortel

Hasil Akhir




B.     Membatik
1.      Alat dan Bahan
-          Lilin
-          Kertas
-          Pewarna makanan
-          Tempat warna
-          Kuas
-          Koran
2.      Cara Membuatnya
-          Gambar pola batik atau pola yang lain terlebih dahulu menggunakan lilin di kertas, kali ini penulis membuat pola bunga dan tulisan hari kartini.
-          Berikan sapuan warna menggunakan kuas pada kertas hingga merata sehingga  yang terkena lilin tidak akan terkena warna.
Contoh gambar membatik yaitu sebagai berikut
 Alat dan Bahan
 Melukis menggunakan Lilin
Hasil Teknik Membatik
Hasil Membatik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar