Rabu, 29 Maret 2017

Praktik Melukis dengan Teknik Airbrush



Melukis Teknik Airbrush
Dalam melukis atau menggambar banyak teknik yang dapat digunakan, dimana pada kegiatan ini menggunakan teknik Airbrush Sederhana. Teknik Airbrush adalah salah satu teknik seni rupa yang menggunakan tekanan udara untuk menyemprotkan cat atau pewarna dalam bidang kerja. Dalam mata kulih Seni Rupa untuk Anak Usia Dini, melukis atau menggambar dengan teknik Airbrush sederhana ini bisa diterapkan pada pembelajaran Anak Usia Dini. Teknik Airbrush sederhana ini berkaitan dengan bahan-bahan apa yang ada di sekitar atau bahan apa yang kita miliki. Karena dalam mengajar melukis atau menggambar kepada Anak Usia Dini guru harus kreatif dalam menggunakan bahan-bahan yang tersedia disekitar selain memberikan tugas menggambar dan mewarnai menggunakan pensil warna kemudian anak duduk manis menyelesaikan tugasnya. Salah satu sifat anak usia dini itu ingin taunya besar, maka teknik Airbrush ini sangat cocok diberikan karena dengan ini, anak akan bereksperimen dalam mencampurkan warna-warna yang tersedia untuk membuat warna baru dan membuat pola bentuk sesuai dengan keinginan anak. Selain itu dapat melatih keterampilan motorik halus anak dalam memainkan sisir dan sikat gigi sesuai tekanan air yang dibutuhkan. Teknik ini memanfaatkan cipratan-cipratan kecil yang dihasilkan melalui alat-alat pendukung yang digunakan saat pembuatan.
Ada tiga jenis cat yang dapat digunakan untuk melukis, yaitu :
1.      Cat Air
Cat air atau pada umumnya sering disebut dengan water colour adalah media untuk menggambar dengan air sebagai bahan pengencernya. Cat air digunakan untuk melukis pada media kertas. Sifat dari cat air ini yaitu transparan atau tembus pandang. Ketika warna merah di temple warna biru menjadi warna ungu.
2.      Cat Poster
Cat poster biasa juga disebut cat plakat, karena memiliki sifat yang pekat. Cat poster  juga bersifat opat yaitu menutup warna yang satu dengan warna yang dua. digunakan untuk membuat poster.
3.      Cat Acrylic
Cat acrylic sama dengan cat air yaitu menggunakan air untuk mengencerkannya. Kelebihan dari cat acrylic dibandingkan cat air dan cat poster yaitu bisa menggunakan media baik kertas dan kanvas. Bersifat opak artinya menutup warna (warnanya tertumpuk bukan tercampur).

Alat dan Bahan yang Digunakan dalam Melukis Teknik Airbrush :
1.      Sisir
2.      Sikat gigi bekas
3.      Cat air/pewarna makanan/kesumba/kertas jagung
4.      Palet
5.      Kuas
6.      Air
7.      Buku gambar
8.      Koran bekas
9.      Berbagai bentuk pola yang digunakan untuk melukis, seperti : daun, ranting, dan gambar.
10.  Pemberat, seperti batu-batu kecil atau krikil.
Cara Membuatnya :
1.      Siapkan alat-alat seperti diatas.
2.      Letakkan kertas gambar diatas kertas koran kemudian letakkan berbagai bentuk pola yang digunakan diatas buku gambar sesuai dengan keinginan.
3.      Berikan pemberat (krikil) diatas pola tersebut agar pola tidak bergeser pada saat proses airbrush.
4.      Tuangkan warna pada palet kemudian cairkan menggunakan air secukupnya sesuai dengan keinginan.
5.      Celupkan sikat gigi ke dalam campuran warna yang diinginkan (usahakan agar tidak terlalu banyak warna yang diserap oleh sikat gigi agar tidak belabor), kemudian mulailah menyikatkan pewarna sedikit demi sedikit diatas buku gambar yang sudah berisi pola dengam menggunakan sikat gigi melalui sisir sehingga mengeluarkan cipratan-cipratan kecil dari warna tersebut.
6.      Jika sudah selesai, tunggu sampai pewarna kering.
7.      Setelah kering, kita dapat menambah pola lain pada kertas dan ulangi langkah sebelumnya.
8.      Jika ingin membuat perbedaan warna pada pola yang sudah gunakan, dapat kita menggeser sedikit demi sedikit pola tersebut kemudian sapukan pewarna diatasnya sesuai dengan warna yang diinginkan.
Gambar yang didapat sebagai berikut:


Alat dan Bahan

Berbagai Bentuk Pola


Menyiapkan Warna dan Pola di Atas Buku Gambar

Mulai Kegiatan

Meratakan Warna

Hasil Akhir
 Sekian Hasil Karya Saya, Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar